Resep Cucur Gula Putih Tanpa Mixer khas Karoehoen Food Ciamis

  • Whatsapp
resep cucur gula puith
foto Karohoen Food

Resep cucur gula putih tanpa mixer ini maksudnya kita membuat kue cucur tidak menggunakan mixer untuk bikin adonannya. Sebab kalau pakai mixer terkadang kurang enak. Ini berdasarkan pengalaman NY Nungky dari Karoehoen Food.

Nah, bagaimana cara membuat cucur tanpa mixer berikut ini pengalaman Ny Noengky pemilik Karoehoen Food di Ciamis Jawa Barat.

Ini Dia Resep Cucur Gula Putih

Bahan-bahan

Untuk Cuhcur ±50 biji

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 500 gram tepung beras
  3. 500 gram gula pasir
  4. 250 ml air (biasa)
  5. 1/2 sdt garam
  6. secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat Cucur Gula Puith

  • Panaskan air dalam kompor lalu masukan gula putih
  • Tunggu sampai gulanya hancur
  • Kalau sudah dingin lalu  tuang larutan gula setengah saja sampai adonan terasa kental. Uleni sampai semua bahan tercampur.
  • Keplok2 adonan sampai adonan terasa seperti slim, mulur dan saat diangkat saat dikeplok adonan tidak lengket di wadah. (±15-30 menit)
  • Tuang sisa larutan gula,campur kembali sampai keluar buih-buih.
  • Tutup menggunakan serbet bersih, diamkan ±30 menit.
  • Panaskan wajan, api sedang cenderung kecil.
  • Setelah minyak panas, tuang adonan menggunakan entong sayur kecil (1 entong)
  • Tunggu berserat, siram-siram adonan dengan minyak disebelahnya. Tunggu semua permukaan matang, balik siram-siram kembali. Angkat, tiriskan.

Atau Tonton Video Berikut Ini

Sekilas tentang Karoehoen Food, Produsen Cucur Khas Ciamis

 

Cucur Karoehoen memang tak asing lagi bagi penggemar jajanan di Ciamis dan Tasikmalaya. Nama  Karoehoen  diambil dari resep cucur yang dibuat nenek Ny Noengky di Kawali.. Cucur buatan neneknya itu rasanya maksos, meski disimpan satu hari tetap enak.

“Nama Karoehoen diambil dari resep nenek, jadi misinya ingin melestarikan makanan tradisional di tengah menjamurnya makanan modern, masa  sih lidah urang Sunda tak suka dengan makanan buhun,” katanya.

Sebenarnya usahanya itu sudah dirintis dua tahun lalu, tapi baru diseriusi setahun belakangan. Sejak pindah dari Kota  Banjar ke Ciamis. Geliat kuliner di Kota Ciamis sedikit lebih maju, ini terlihat dari banyaknya unggahan foto makanan di Grup facebook wisata kuliner Ciamis. “Ketika itu saya iseng gabung di grup wiskul, dan unggah foto cuhcur buatan nenek  itu, eh banyak juga yang ngelike dan koment, kemudian minta DO (diantar),” katanya.

Awalnya Noengky hanya bikin satu kilogram adonan. Bahannya tepung beras kualitas bagus, gula aren dan minyak kelapa. Tanpa  pengawet. Dan hari itu juga cuhcur sekitar 100 biji ludes dipesan penggemar kuliner di medsos. Karena laku, Aulia tambah  semangat, keahliaanya membuat onde-onde pun dicoba. Jadi hari berikutnya tak hanya menjual cuchur tapi ditambah dengan  onde-onde. Jadi namanya Cuchcur dan Onde Karoehoen.

Untuk mengantarkan pesanan yang diorder lewat facebook, terkadang dilakukan sendiri atau suaminya. Disela-sela kesibukan  kerja. (revans)

 

 

Pos terkait