Ini Dia Bahaya Makan Pisang yang Dikarbit, Kenali Tanda-tandanya

  • Whatsapp
Ini Dia Bahaya Makan Pisang yang Dikarbit, Kenali Tanda-tandanya
Ini Dia Bahaya Makan Pisang yang Dikarbit, Kenali Tanda-tandanya

JURNALPriangan.com: Biasanya pisang kalau ingin cepat masak di karbit. Ini dilakukan oleh para petani pisang di Kecamatan Langensari Kota Banjar. Para petani berharap pisang yang dikarbit akan mampu membuat pisang yang masih hijau cepat matang.

Tak bisa dipungkiri karbit bisa cepat membuat pisang masak, namun pisang yang matang dengan proses karbitan tidak layak untuk dikonsumsi dan bayaha bagu n kesehatan.

Tanda-tanda Pisang Dikarbit

  • Kalau pisang dikarbit biasanya ada bercak-bercak berwarna kehitaman pada permukaan kulitnya. Tidak mulus, seperti pisang yang masak di pohon.
  • ¬†Terlihat menguning tapi tak menimbulkan aroma khas pisang yang sudah masak.
  • . Masih ada bau karbit dan rasanya agak sepet.

Bahaya Makan Pisang Karbitan

Namanya juga dikarbit, tentunya kualitas pisangnya tak sebagus yang masak di pohon. Pisang yang dikarbit kandungan vitamin B, vitamin C, protein, serta karbohidrat akan berkurang. Artinya nutrisi-nutrisinya tidak sempurna. Makan pisang karbitan sama saja makan jengkol atau patai yang tidak memiliki nutrisi apapun sehingga kita tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan

Bahayannya lagi menurut pakar kesehatan pisang yang dikarbit bisa memicu gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gas asitelin yang bisa membahayakan kesehatan. Beberapa gejala yang akan kita rasakan jika sampai keracunan karbit adalah kepala pusing, mual-mual, dan muntah.

Pisang yang matang dengan proses karbitan, bukannya matang secara alami ternyata juga bisa memberikan efek lainnya, yakni mengganggu kesuburan. Hal ini disebabkan oleh masuknya karbit ke dalam tubuh dan akhirnya mempengaruhi sistem reproduksi kita. Sebagai informasi, karbit sebenarnya dipakai dalam industri pengelasan, bukannya di dalam dunia pertanian sehingga bisa dipastikan bahwa bahan ini memang tidak layak dipakai untuk mematangkan buah-buahan.

Ada baiknya kita memilih pisang yang matang dengan cara alami. Jika memang pisang di kebun masih terlihat hijau, tunggulah beberapa saat hingga benar-benar matang sehingga kita pun bisa menikmatinya tanpa perlu khawatir akan bahaya terhadap tubuh kita. (gina)