Inilah 6 Kota Wisata di China Taipei (Taiwan)

  • Whatsapp
Inilah 6 Kota Wisata di China Taipe (Taiwan)

JURNALPRIANGAN.com: Siapa yang ingin berlibur ke Taiwan. Inilah tempat wisata di Taiwan paling favorit . Kota-kota itu adalah

1. Kota Wisata di China Taipe

Kota ini adalah ibukota Republik Cina (ROC) yang lebih dikenal sebagai Taiwan dan pusat dari area metropolitan di Taiwan. Terletak di ujung utara pulau Taiwan, Taipei berada di daerah sungai Tamsui, dan berjarak 25 km barat daya Keelung, kota pelabuhan yang terletak di Laut Pasifik.

Taipei City memiliki populasi sekitar 2.618.772 penduduk. Taipei City, New Taipei, dan Keelung termasuk daerah metropolitan Taipei dengan total kepadatan penduduk sebanyak 6,9 juta. Istilah Taipei terkadang mengacu ke seluruh daerah metropolitan tersebut, sedangkan Taipei City mengacu pada kotanya saja. Taipei City dikelilingi oleh New Taipei.

Terletak di ujung utara pulau Taiwan, Taipei berada di daerah sungai Tamsui, dan berjarak 25 km barat daya Keelung, kota pelabuhan yang terletak di Laut Pasifik. Taipei City memiliki populasi sekitar 2.618.772 penduduk. Taipei City, New Taipei, dan Keelung termasuk daerah metropolitan Taipei dengan total kepadatan penduduk sebanyak 6,9 juta. Istilah Taipei terkadang mengacu ke seluruh daerah metropolitan tersebut, sedangkan Taipei City mengacu pada kotanya saja. Taipei City dikelilingi oleh New Taipei.

2. Kaohsiung

Kaohsiung lokasinya berada di barat daya Taiwan, dengan sisi barat menghadap ke Selat Taiwan. Kaohsiung adalah kota terbesar kedua di Taiwan, dengan populasi penduduk sekitar 2,9 juta. Kota ini merupakan pusat pabrik, industri pemurnian, perkapalan, dan industri berat maupun ringan lainnya.
Pelabuhan Kaohsiung adalah pelabuhan terbesar sedangkan Bandara Internasional Kaohsiung adalah yang terbesar kedua di Taiwan. Kaohsiung memiliki fasilitas olahraga paling lengkap dan stadion olahraga terbesar di Taiwan. Hanya dibutuhkan 1,5 jam dari Taipei ke Kaohsiung bila anda naik HSR.
Iklim kota ini adalah tropis, dengan temperatur rata-rata berkisar dari 18.6 hingga 28.7 oC. Beberapa daerah wisata setempat yang patut dikunjungi adalah:
– Holy Rosary Cathedral
– Tuntex Sky Tower
– Liuhe Night Market
– Love River
– Tuntex Sky Tower
– World Games Stadium – Liuhe Night Market
– Zuoying’s Lotus Lake
– Kaohsiung Museum of Fine Arts

3. Taichung

Taichung terletak di arah barat pusat Taiwan, dengan populasi sekitar 2,6 juta orang, sehingga termasuk kota terbesar ketiga setelah New Taipei dan Kaohsiung.

Taichung adalah pusat penting bagi beberapa industri utama. Jantung ekonomi Taichung adalah usaha kecil menengah. Sektor usaha kecil menengah masih bertahan di kota ini dan banyak dijumpai di daerah pusat kota, yaitu depot, pasar tradisional, dan usaha-usaha lainnya. Rumah teh Chun Shui Tang (春水堂) adalah tempat pertama kali minuman bubble tea diciptakan oleh pemiliknya, Liu Han Chie (劉漢介).
Taichung paling dikenal dengan kue matahari (taiyang bing).

Bandara Internasional Taichung adalah bandara internasional ketiga dan terbaru di Taiwan. Iklim di Taichung adalah subtropis hangat dan lembab dengan temperatur sepanjang tahun rata-rata 23 °C. Iklim di Taichung lebih ramah dibandingkan kota-kota besar lainnya, dan jarang terkena serangan badai.

Daerah wisata setempat di Taichung yang layak dikunjungi:
– National Taiwan Museum of Fine Arts
– National Museum of Natural Science
– Taichung Municipal Cultural Center
– Taichung Folklore Park
– Taichung Winery
– Pao Hueh Temple – ChengHuang Temple
– Wen Chang Temple
– Wenying Hall
– Fengjia Shopping Town
– Zhong Hua Night

4. Tainan

Tainan, sesuai dengan namanya merupakan kota yang terletak di bagian selatan Taiwan. Tainan merupakan kota terbesar kelima di Taiwan. Menurut sejarahnya, kota tersebut dianggap sebagai salah satu kota tertua di pulau Taiwan, dan nama terdahulunya (Taoyuan) dianggap sebagai asal mula nama Taiwan. Kota tersebut merupakan salah satu pusat budaya yang mengandung budaya setempat yang amat kaya, di antaranya jajanan setempat yang tersohor, tata cara sembahyang Tao yang dipertahankan turun-temurun dan tradisi setempat dalam memperingati kelahiran hingga kematian.

Kota Tainan merupakan lokasi kuil-sekolah Konfusius pertama yang dibangun pada tahun 1665,sisa-sisa pintu gerbang Timur dan Selatan kota lama, dan banyak monument bersejarah lainnya. Di Tainan terdapat kuil Budha dan kelenteng dalam jumlah terbanyak di Taiwan.

Iklim di Taiwan adalah subtropis. Kota ini berciri khas suhu panas dan lembab sepanjang tahun (23-32.9oC), disertai musim hujan (April hingga September) dan kemarau (Oktober hingga Maret).
Daerah wisata terkenal di Tainan:
– Taiwan Confucian Temple
– National Museum of Taiwan History
– National Museum of Taiwan Literature
– Fort Provintia
– Taijiang National Park
– Siraya National Scenic Area

5. Taoyuan

Taoyuan adalah salah satu kota di ROC, terletak di bagian barat laut kepulauan, berdekatan dengan New Taipei, Hsinchu, dan Yilan. Nama “Taoyuan” berarti kebun persik, dinamakan demikian karena dulunya di daerah ini banyak bermekaran bunga persik. Taoyuan yang merupakan tempat asal suku Pingpu dari penduduk asli Aborigin merupakan daerah perindustrian yang penting di Taiwan.

Di Taoyuan juga terdapat Bandara Internasional Taoyuan yang melayani Taipei dan daerah utara Taiwan, dengan jumlah lebih dari 20 juta penumpang setiap tahunnya.

Iklim di Taoyuan relatif hangat, dengan kisaran temperatur antara 140C di musim dingin hingga 330C di musim panas. Keanekaragaman udaya dari berbagai etnis yang berbeda, pemandangan alam yang indah, serta reputasi Taoyuan sebagai area yang kaya akan bebungaan dan tumbuh-tumbuhan menjadikan Taoyuan sebagai daerah yang harus dikunjungi.

Tempat wisata paling terkenal di Taoyuan:
– Chiang Ching-kuo Mausoleum in Cihu
– Chiang Ching-kuo Mausoleum in Touliao,
– Window on China Theme Park, Mt. Jiao-ban
– Sacred Tree Area in Mt. Daguan

6.Hsinchu

Kota Hsinchu terletak di sebelah utara Taiwan. Hsinchu adalah pusat bagi industry berteknologi tinggi di Taiwan. Hsinchu Science and Technology Industrial Park menanungi 360 perusahaan teknologi ternama termasuk di dalamnya TSMC, Philips, United Microelectronics Corporation, Holtek, AU Optronics and Epistar. Maka dari itu, pendapatan per kapita Hsinchu adalah yang tertinggi di Taiwan.
Iklim Hsinchu adalah sub-tropis. Kota ini dijuluki sebagai “Windy City” karena iklimnya yang berangin. Musim hujan mulai dari Februari hingga September, sedangkan cuaca panas dari Juni hungga September, sedangkan Oktober hingga Desember adalah bulan-bulan yang paling menyenangkan. Topan maupun gempa bumi umum terjadi di daerah ini.
– Hsinchu Municipal Glass Art Museum
– Hsinchu Municipal Zoo
– Eighteen Peaks Mountain Park
– Hsinchu Eastern Gate
– Chenghuang Temple Night Market

(santoso)