Inilah Tiga Bandara di Wilayah Priangan Timur

  • Whatsapp
bandara wiriadinata

TASIKMALAYA, JURNALPriangan.com:– Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Hery Antasari masyarakat di Priangan Timur khususnya Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran boleh berbangga, mereka akan sejajar dan akan mengimbangi kota-kota besar di Tanah Air.

Selain rencana pembangunan Tol Cileunyi – Tasikmalaya – Banjar yang dimulai tahun ini, pemerintah juga sudah  membangun tiga bandar udara (bandara) untuk masyarakat Priangan Timur.

Muat Lebih

Ke-tiga bandara di Jabar itu, adalah Bandara Nusawiru di Pangandaran, Bandara Kertajati di Majalengka dan Bandara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya. Pembangunan yang dimaksud adalah pengembangan bandara-bandara tersebut untuk kebutuhan komersial atau umum.

Dari ketiga bandara tersebut, salah satu bandara akan digarap lebih awal, yakni Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran dan bandara Wiriadinata (Lanud ) Tasikmalaya.

Rencana pembangunan Bandara Nusawiru Pangandaran dan Tasikmalaya ini, mencuat dalam pertemuan para kepala daerah dan kepala Bappeda di Bandung, baru-baru ini.

Dia mengatakan, pengembangan Bandara Nusawiru menjadi bandara komersil ternyata sudah dirintis beberapa tahun lalu oleh Pemda setempat.

Hal ini dikuatkan dengan masuknya Bandara Nusawiru dalam daftar bandara yang akan dikembangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.

Bandara Nusawiru dan bandara Wiriadinata juga sudah memilik master plan dan bussines plan sebagai acuan untuk pengembangan transportasi udara ke depan.

Secara sederhana, konsep rencana pengembangan Bandara Nusawiru akan diarahkan pada empat hal, antara lain pengembangan penerbangan bandar udara komersial.Serta untuk pengembangan sekolah pelatihaan penerbang, pengembangan industri perawatan pesawat dan penanganan bencana (Crisis Center).

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, nanti akan ada pesawat komersil di Bandara Nusawiru dan bandara Kertajati di Majalengka dan Bandara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya.

Meskipun baru pesawat domestik, bukan rute internasional. Ke 3 Bandara itu, sudah sangat siap dikembangkan, karena prosedurnya sudah ditempuh, bahkan pembebasan lahan pun sudah selesai dengan menggunakan anggaran dari Provinsi Jawa Barat.

Pada pertemuan tersebut, Walikota Tasikmalaya, H. Budi Budiman juga sempat menyampaikan harapannya agar Bandara Wiriadinata Lanud juga dikembangkan.

Meskipun bukan menjadi bandara komersial. H. Budi berharap, Bandara Wiriadinata dikembangan menjadi bandara umum agar mampu mendukung fungsi Kota Tasikmalaya menjadi Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) di Priangan Timur. (*)