Anggota DPR RI dari PKS Toriq Hidayat Ingatkan Pentingnya Keutuhan NKRI

  • Whatsapp

GARUT, JURNALPriangan.com: Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat menyebut MPR tengah gencar melakukan sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal itu disampaikan Toriq saat melakukan sosialisasi Empat Pilar di daerah Pemilihannya, Kota Garut, Jawa Barat.

Toriq mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari beragam Suku, Budaya dan Bahasa.

“Kita berbeda-beda namun bersatu dalam Negara Kesatuan republik Indonesia”, ujarnya dihadapan 200 peserta sosialisasi pada Selasa (04/02/2020).

Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan keIndonesiaan.
Konsepsi tersebut adalah: Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri Pancasila; UUD 1945; NKRI; dan Bhineka Tunggal Ika ungkap Toriq.

Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral keIndonesiaan yang memandu tecapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dalam Sosialisasi ini Toriq mengingatkan pentingnya Keutuhan NKRI. Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 disebutkan negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk republik. Dalam pembangunan karakter bangsa dibutuhkan komitmen terhadap NKRI.

Karakter yang dibangun pada manusia dan bangsa Indonesia adalah karakter yang memperkuat dan memperkukuh komitmen terhadap NKRI. Bukan karakter yang berkembang secara tidak terkendali, apalagi menggoyahkan NKRI.

Pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan sikap demokratis dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Pembangunan karakter harus diletakkan dalam bingkai menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, bukan memecah belah NKRI.

“Saya berharap kepada peserta Sosialisasi khususnya dan seluruh warga Garut dapat mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar dalam keseharian dengan rasa cinta tanah air agar bangsa ini bisa berjalan sesuai dengan harapan,” tutup Toriq Hidayat.

Cevi Alvian, tokoh masyarakat di sana, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kedatangan bapak Toriq Hidayat yang telah melakukan sosialisasi.

“Kami bangga di sini dijadikan tempat sosialisasi,” ucapnya. (rls)

Pos terkait