Cegah Penyebaran Covid-19, Pegiat Lingkungan Raksa Lembur Gotong Royong Bersih-Bersih Mesjid

  • Whatsapp
Pegiat lingkungan Raksa Lembur sedang membersihkan masjid Al-Fatah di Pagendingan Kecamatan Cisayong, Kab Tasikmalaya. foto (istimewa)

TASIKMALAYA, JURNALPriangan.com:  Para pegiat  lingkungan yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Raksa Lembur menggelar kegiatan gotong royong membersihkan mesjid Jami Al-Fattah yang berada di Kecamatan Cisayong Tasikmalaya Rabu 18 Maret 2020. Kegiatan bersih-bersih ini untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 .

Seperti diketahui Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberlakukan siaga darurat virus Corona selama 14 hari terhitung sejak tanggal 15 hingga 28 Maret 2020. Sedangkan langkah yang dapat dilakukan masyarakat untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain, lakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), hindari pengumpulan massa dengan jumlah banyak.

Muat Lebih

Kemudian, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir usai menyentuh barang di yang ada di luar rumah terutama fasilitas umum, melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat umum seperti tempat ibadah, pasar, dan lain-lain.

“Sebenarnya pembersihan lingkungan sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelum ada virus covid-19. Di lingkungan pesantren Al-Idrisiyah sering dilakukan. Selain itu kami juga bersama masyarakat siap merawat masjid-masjid yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya,” kata Ketua Raksa Lembur Ahmad Tazakka Bonanza.

Menurut Aka, selain kegiatan bersih- bersih organisasi Raksa Lembur bekerjasama dengan klik Al-Idrisiyyah Medical Centre akan menyelenggarakan sosialisasi pencegahan Virus Covid-19 ke warga masyarakat bekerjasama dengan ibu – ibu PKK dan Majlis Ta’lim.

“Semoga kegaiatan – kegiatan pencegahan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi warga masyarakat dalam mencegah Virus Covid-19.

Selain itu akan menambahkan sedang menjajaki kerjasama dengan instansi – instansi lain yg dapat mensuport kegiatan pencegahan Virus Covid-19, dalam waktu dekat akan menyiapkan Hansanitizer, Hand soap, dan masker untuk masyarakat Kab. Tasikmalaya.

Langkah progresif ini kata Aka, dilakukan untuk mengendalikan persebaran virus Covid-19 tersebut, dan untuk melindungi Masyarakat Kab. Tasikmalaya, memberikan rasa aman dan nyaman khususnya dalam beribadah. (san)

Pos terkait