Heboh Tuyul di Ciamis, MUI Minta Segera Dibakar Saja

  • Whatsapp

CIAMIS,JURNALPriangan.com: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis akhirnya berpendapat soal ‘tuyul’ seram dalam botol kecil yang ditemukan Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong. Agar tak terjadi musyrik dan membuat warga sesat, MUI Ciamis memerintahkan agar ‘tuyul’ itu segera dimusnahkan saja.

“Kalau ternyata benda itu menganggu keimanan, sebaiknya dimusnahkan saja, benda itu akan membelokan keimanan sesorang dan bersifat mistis, sebaiknya dimusnahkan saja, tapi sebelum dibakar atau di buang ke air jangan lupa berdoa dulu,” kata Pjs Ketua MUI Kabupaten Ciamis Saeful Uyun.

Muat Lebih

Mbah Gondrong menemukan benda itu di belakang rumahnya Dusun Pahauran, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Sabtu (29/2). Warga yang penasaran terus berdatangan ke rumah Mbah Gondrong untuk melihat langsung penampakan ‘tuyul’.

MUI Ciamis mengingatkan warga tidak mempercayai hal-hal mengarah perilaku musyrik yang dilarang agama Islam. “Kalau dikhodamkan atau digunakan manusia itu haram. Percaya dengan kekuatan benda itu adalah musyrik. Memeliharanya juga haram,” tutur Saeful.

“Jadi sudah saja itu dimusnahkan dengan botolnya sekalian, jangan takut. Yakin saja,” ujar Saeful menambahkan.

Banyak warga meyakini itu ialah sosok tuyul. Polisi sedang mengecek asal usul dan apa sebenarnya benda tersebut.
Sedangkan sebagian warga ada yang menganggap botol berisi ‘tuyul’ ini benda klenik. Bahkan, benda klenik bisa muncul tiba-tiba di hadapan orang yang dikehendakinya.

“Konon katanya benda ini sejenis benda klenik atau mistis, karena tidak mungkin bisa dibuat oleh perajin,” ujar kata Kepala Dusun Pahauran Sardi.

Sardi sudah melihat langsung ‘tuyul’ yang bikin geger wilayahnya. “Beberapa orang tertentu yang melihat benda ini ada yang bilang itu Golek Kencana, ada juga menyebut Bayi Ambar. Kami hanya membenarkan bahwa ada penemuan ini,” ujar Sardi.

Menurut berbagai sumber, anak ambar atau disebut juga bayi ambar merupakan roh anak yang keguguran dalam kandungan. Sehingga tidak sempat lahir ke dunia. Biasanya memiliki kekuatan untuk kesuksesan, penglaris, pemikat dan lainnya. (dtc)

Pos terkait