Raja Arab Akhirnya Perintahkan Buka Masjidil Haram

  • Whatsapp

MEKKAH, JURNALPriangan.com: Setelah beberapa hari ditutup, pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelataran tawaf Masjidil Haram bagi jamaah umrah. Dibukanya kembali masjidil haram merupakan permintaan langsung dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud.

Mengutip Presiden Jenderal Masjid Agung dan Urusan Masjid Nabi Sheikh Abdurrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, seperti yang dilaporkan kantor berita Arab Saudi SPA, bahwa daerah mengelilingi Kakbah atau Mataf atau kegiatan Tawaf ini dibuka kembail hari ini, Sabtu (7/3/2020).

Sebelumnya, langkah pemerintah Arab Saudi melakukan penutupan sementara area Masjidil Haram khususnya di pelataran Mataf ini sebagai langkah antisipasi, di antaranya melarang sementara negara-negara suspect corona untuk mengirim jamaah umrah.

Paska larangan tersebut, tadi malam Masjidil Haram tempat Kakbah berada juga ditutup sementara oleh Pemerintah Arab. Dilansir dari laman Al Arabiya, Masjidil Haram ditutup satu jam setelah salat Isya tadi malam.

Sebagai informasi, bagian dari salah satu amal ibadah bagi jamaah haji atau umrah selama melaksanakan ibahada mereka adalah melakukan Tawaf atau mengelilingi Kakbah dengan arah berlawanan arah jarum jam sebanyak tujuh kali.

Secara terpisah, Imam Besar Masjidil Haram, Al-Sudais menekankan perlunya mematuhi prosedur pencegahan dan untuk bekerja sama dengan semua pekerja di Masjidil Haram untuk melayani pengunjungnya seperti dilansir dari Al Arabiya. (we)