Ribuan Ayam Terpanggang Gosong, Pemiliknya Nangis

  • Whatsapp

CIAMIS – Ribuan ekor ayam hangus terbakar di Kampung Pende, RT 17, RW 05 Desa Pamalayan Kecamatan Cijeunjing Ciamis, Selasa (10/3) pukul 03.30 WIB. Kandang berukuran 22 x 5 meter persegi milik Aceng (54) itu diduga mengalami korsleting listrik yang dipasang dari rumah pemiliknya atau sekitar 100 meter.

Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekira Rp 200 juta, karena sekitar 3.700 ekor ayam mati terbakar. Aceng mengakui, baru mengetahui kandang ayamnya terbakar setelah mendapatkan informasi dari saudaranya, Iya, yang juga BPD Desa Pamalayan. Kebetulan, saksi tersebut sedang melewati rumahnya dan kaget melihat api sudah membesar membakar kandang ayam.

“Ini memang sudah musibah bagi saya sebanyak 3.700 ekor dan 200 tempat pakan ludes terbakar tidak tersisa. Kerugian mencapai Rp 200 juta,” ujar Aceng. Dirinya sejak tahun 1992 lalu menjadi peternak ayam dan baru kali ini mengalami kebakaran. Sepengetahuan dia, kosleting listrik diduga dari kabel listrik yang kondisinya lapuk dimakan usia.

“Kami berharap  pemerintah membantu. Karena untuk bangkit usaha perlu modal. Saya mohon ada bantuan lah ,” katyanya dengan nada seih. (gos)