Sukses Gelar RAT, Koperasi Produsen Motekar AIKMA TAMA Paling Aktif dan Produktif

  • Whatsapp

CIAMIS,JURNALPriangan.com:-Ribuan koperasi yang ada di Indonesia tidak semua aktif dan produktif. Indikasi sebuah koperasi aktif adalah bisa menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara rutin. Seperti yang dilakukan Koperasi Produsen Motekar Aikma Tama. Koperasi ini menggelar RAT Tahun Buku 2019 di Ruang Pertemuan P2B Cihaurbeuti pada Sabtu (28/2/2020).

“Saya salut dengan koperasi AIKMA TAMA, koperasi ini lokasinya di Ciamis tapi anggotanya menjangkau sampai Jawa Tengah. Dan aktif serta produktif,” kata Ida Widiawati MSi Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop Kabupaten Ciamis.

Dia mengakui bahwa ada ribuan koperasi Ciamis pun tapi tak semua koperasi bisa menggelar rapat anggota tahunan (RAT) hingga triwulan keempat. Bahkan masih banyak koperasi yang belum produktif alias mati suri. Saat ini lembaganya gencar melakukan pendataan untuk mengelompokkan koperasi berdasar manajemennya.

Dia menjelaskan setiap koperasi wajib melakukan RAT dan melapor kepada lembaganya setahun sekali. Hal itu, kata Ida, minimalnya harus membahas usaha yang dijalani, keuangan, dan pergantian struktur kepengurusan di tiap koperasi. Ida mengatakan koperasi yang mati suri dan bertahun-tahun tidak melakukan RAT akan diajukan kepada pemerintah pusat untuk dibubarkan.

Sementara itu dalam RAT Koperasi Produsen MOTEKAR AIKMA TAMA telah ditetapkan pengurus koperasi periode 2020-2025 dengan susnan pengurus sebagai berikut:

Ketua           :          Tatang Hidayat SP
Sekretaris I :          Ayu Sri Rahayu SE
SekretarisII:          Ano

Bendahara I:        Iwan Kustiawan
Bendahara II        Suwito

Pengawas

Ketua : Rahmat

Anggota 1: Tatis Setiawan

Anggota2: Handi Ridwan SIP

 

Pos terkait