Pulang dari Medan, Warga Cigalontang Pingsan, Karena Corona kah?

  • Whatsapp

TASIKMALAYA, JURNALPriangan.com: Jangan pulang kampung kalau kondisi badan kurang fit seperti dialami orang  Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya yang jatuh pingsan di halaman Puskesmas Singaparna Selasa (12/5/2020). Korban baru pulang dari Medan Sumatera Utara. Dia mengaku sejak dari Bandara Soekarno Hata sudah demam.

Kepala Puskesmas Singaparna Epi Edward Lutfi membenarkan bahwa ada seorang warga yang datang ke Puskesmas tapi sebelum masuk ke ruangan malah pingsan di halaman. Pasien tersebut langsung mendapat penanganan medis dari petugas yang memakai  alat pelindung diri (APD) lengkap.

Kemudian pasien dirujuk ke RSUD SMC Singaparna. Dokter IGD menyatakan pasien mengalami demam tinggi serta sesak nafas. Untuk mengetahui apakan karena COVID-19 atau bukan pasien selanjutnya dirapid tes. Pasien itu diketahui sempat kontak dengan pasien positif Covid-19 serta mengalami demam dan sesak. Namun berdasarkan hasil rapid test pasien ini dinyatakan nonreaktif atau negatif.

Pengakuan dari  pasien, dirinya sempat kontak dengan pasien positif Covid-19. “Tapi setelah kami rapid test hasilnya negatif. Tapi kami masih menungu hasil swabnya”, kata Kasie Kemedikan RS SMC,

 

Sambil menunggu hasil Test PCR dan SWAB, Petugas medis melaksanakan Rapid Test. Berdasarkan hasil rapid test pasien ini non reaktif atau negatif.

“Informasi dari Pasien, dirinya sempat kontak dengan pasien positif covid 19. Tapi setelah kami rapid tes hasilnya negatif,” jelas Kasie Kemedikan RSUD SMC, dr. Adi Widodo.

Usai menjalani perawatan medis di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah SMC, kondisi pasien terus membaik. Pasien laki-laki ini tidak mengalami demam dan sesak nafas lagi.

“Jika terus mambaik, rencananya segera dipulangkan,” kata  Adi.***

 

Pos terkait