Agun Gunandjar: Kekeluargaan dan Gotong Royong Kunci Tanggulangi Dampak Covid-19

  • Whatsapp

CIAMIS, JURNALPriangan.com: Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.IP.,M.Si mengungkapkan, kekeluargaan bisa menjadi kunci untuk menanggulangi dampak virus corona yang masih terjadi saat ini. Sebab, tak bisa dipungkiri wabah corona berdampak pada setiap lini kehidupan sosial.

“Azas kekeluargaan dan gotong-royong merupakan salah satu nilai paling mendasar yang terkandung dalam Pancasila. Kekeluargaan selain menjadi cermin budaya dan jatidiri bangsa Indonesia, juga merupakan nilai panduan bagi seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Agun, saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Jumat (19/6/2020) di Hotel Priangan Ciamis.

Anggota DPR-RI dari Dapil Kabupaten Kuningan, Ciamis Kota Banjar dan Pangandaran ini  mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang berdampak multidimensional ini membutuhkan penanggulangan secara bijaksana, baik oleh masyarakat itu sendiri maupun oleh pemerintah.

“Beban berat dampak Covid-19 tidak bisa ditangani oleh salah satu atau sebagian pihak, namun memerlukan nilai dan semangat yang menyatukan sikap dan langkah seluruh komponen bangsa,” ungkapnya.

Nilai Luhur Pancasila yang salahsatu nilai dasarnya adalah azas kekeluargaan, kata Agun, merupakan modal cultural yang paling potensial untuk menghadapi dan menanggulangi dampak Covid-19 ini.

Menurutnya, nilai dan semangat kekeluargaan harus terus digelorakan dan ditonjolkan oleh masyarakat dengan bahu-membahu bergotongroyong membangun solidaritas sosial di lingkungan masing-masing.

Yang lebih penting, lanjut Agun, pemerintah juga harus berupaya dengan melakukan pola penanggulangan yang terintegrasi antar sektor dan antar semua tingkatan Pemerintahan.

“Semua lembaga Negara, semua tingkatan Pemerintahan harus satu suara dan satu sikap dalam menjalankan semua kebijakan dalam penanggulangan Covid-19 ini,” tuturnya.

Agun menambahkan, bagi bangsa Indonesia, semangat kekeluargaan merupakan landasan bagi semua sifat-sifat solidaritas sosial. Sikap adil, jujur, bijaksana, welas dan asih adalah cermin dari nilai kekeluargaan yang dimiliki.

“Jadi, kekeluargaan bisa jadi kunci dalam penanggulangan Covid-19 saat ini. Semoga musibah dan ujian ini mampu kita lewati bersama-sama dengan semangat kekeluargaan,” pungkasnya. (rad)

 

Pos terkait