Resep Kue Seroja Ciamis dari Karoehoen Food

  • Whatsapp
Inilah produksi seroja ciamis di Kecamatan Cihaurbeuti

Mau Resep Kue Seroja Ciamis dari Karoehoen Food? Tentu saja mau kan. Yang jelas seroja khas Ciamis produksi Karoehoen food berbeda dengan kebanyak kue seroja yang beredar di pasaran. Rasanya gurih dan renyah. Seroja atau saroja dan banyak yang menyebut kembang goyang ini memang selalu dibutuhkan untuk camilan. Biasanya saat lebaran selalu diburu pembeli. Kalau hari-hari biasa bisa dijadikan oleh-oleh.

Ohya mungkin belum banyak yang tahu apa itu saroja. Kata leluhur sunda, camilan yang renyah ini berasal dari nama kembang seroja. Bentuknya memang dibuat mirip bunga seroja yang cantik. Rasanya juga krenyes gurih saat dimakan, kres kres… bikin mulut tak bisa berhenti bergoyang.

Kalau orang Betawi punya kue kembang goyang, urang Sunda punya kue saroja. Seperti namanya kue tersebut berasal dari nama kembang seroja yang memiliki sebutan lain yaitu bunga teratai. Kue saroja biasanya menjadi suguhan pada saat-saat tertentu seperti perayaan, pernikahan, hari raya lebaran, dll. Di Jawa Barat sana kue saroja ini salah satu kue tradisional yang resepnya berasal dari turun-temurun.
Yang tekenal di Jabar adalah Seroja khas Ciamis. Menurut data di Dinas Peindustrian dan Perdagangan Kab Ciamis ada sekitar 4500 perajin seroja yang tersebar di sejumlah kecamatan di Ciamis. salah satu UKM seroja yang eksis turun temurun adalah SR (Saung Seroja). Usaha SR yang didirikan Teh Enung dan Rahmat ini kini berkaloborasi dengan Karoehoenfood.
“Pendiri Karoehoenfood itu kan masih saudara, ya saya minta bantuan untuk memasarkannya. Alhamdulilah sejak kerjasama omzet kami meningkat drastis,” katanya.

Kini Pemasaran Saung Saroja sudah tembus luar pulau Jawa. Bekerjasama dengan Grup Bisnis Karoehoen Food, kini jangkauan pemasaran saroja nya sudah merambah dunia online.

“Alhamdulillah melalui pemasaran online ini ada kenaikan dua kali lipat, apalagi kalau menjelang lebaran, kami kewalahan menerima pesanan,” katanya.

Dia menjelaskan, kalau hari-hari biasa (bukan lebaran) produksi mencapai 200 kg-250kg/hari. Tapi menjelang Lebaran mencapai 3 kwintal-4 kwintal. Untuk memudahkan produksi dia memperkejakan 5 karyawan, Namun agar rasa  tetap terjaga, racikannya tetap dilakukan sendiri.

“Saya tak berani beri ke orang lain kalau resepnya, beda tangan beda rasa pokoknya,” kata dia.

Makanya Saroja SR Karoehoenfood, bisa bersaing di pasaran. Yang membedakan dengan seroja kebanyakan yakni teksturnya yang lembut atau dalam bahasa sunda ngepros. Racikan bumbunya asin dan gurih terasa. Apalagi saroja bertoping kacang yang khas.

“Saya hanya bikin dua varian rasa, toping kacang dan ketuncar,” katanya.

Menurut dia, sejatinya saroja itu rasanya ori, asin dan gurih. Adapun kalau sekarang banyak varian rasa tapi tetap pelanggan selalu mecari rasa yang orisional yakni asin dan gurih. Nah inilah resepnya.

 

Resep Seroja Ciamis

  • 300 gr tepung beras.
  • Campur sekitar 3 sendok makan tepung tapioka.
  • Tambahkan sebtir telur ukuran jumbo.
  • Tuangkan 300 cc santan.
  • Tumbuk halus kacang tanah.
  •  Campurkan bumbu ke kacang
  • Campur bumbu tersebut :.
  •  Tuangkan 2 sendok makan ketumbar yang sudah disangrai.
  • Tambahkan lagi 5 siung bawang putih (sesuai selera).
  • Siapkan garam secukupny.

Cara  Membuat Seroja ciamis

  1. Campurkan semua bahan jadi satu kecuali santan haluskan bumbu lalu tuang ke adonan masukan sedikit demi sedikit santan aduk rata sampe di ras kekentalan nya pas, masukan irisan daun jeruk aduk rata tambahkan air kapur sirih lalu aduk.
  2. Panaskan minyak secukupnya di penggorengan. Kemudian rendam cetakan kembang goyang kei dalam minyak panas, harus benar benar panas ya cetakannya tadi karena kalau g panas nanti hasilny lengket dan gagal.
  3. Setelah cukup panas cetakannya ambil dan celupkan kedalam adonan.
  4. Tiriskan agar minyak turun.

Alamat Agen Saroja Khas Ciamis

Untuk mendapatkan Saroja Khas Ciamis SR Karoehoenfood bisa mendatangi Gerai Karoehoenfood di Perum Taman Jati Indah Blok D no 79. Untuk mencapai lokasi tersebut dari arah Bandung belok kanan menuju Taman Makam Pahlawan Ciamis,. Dari Taman Makam pahlawan sekitar 200 meter.

Selengkapnya lihat map.