jurnalpriangan.com

Curug Seda dengan Keunikan Pelanginya yang Tak Pernah Hilang

CIAMIS, JURNALPriangan.com: Keindahan curug Seda di Dusun Seda Kidul RT 03/07 Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis memang menakjubkan, Sudah banyak wisatawan lokal bahkan turis asing yang berkunjung ke sana. Namun sayang Pemkab Ciamis dalam hal ini Dinas Pariwisata belum serius mengembangakan objek wisasta ini.

Sebenarnya lokasi Curug Ciseda mudah dijangkau, dari arah Barat Bandung bisa belok dari SPBU P2B ke arah Panjalu (sekitar 2 kilometer). Nanti di Dusun Bojong belok kanan saja sampai mentok ke Dusun Seda Kidul.

Sementara itu dari arah Tasikmalaya juga mudah, dari Rajapolah tepatnya dari Jalan Layang Rajapolah Curug Ciseda sudah kelihatan. Bisa juga belok dari Jamanis (Sentral Peuyeum). Jangan khawatir untuk mencapai lokasi jalannya mulus pisan.

Kita akan melewati Dusun Ciawitali yang dulu pernah banjir bandang. Meskipun berada di kaki gunung, tapi kampung ini padat penduduk. Yang tidak pakai kendaraan pribadi bisa naik ojek dari Pangkalan Ojek Bojong. Tarifnya Rp 10.000. Sebaiknya kalau mau pakai mobil jangan pakai sedan, harus mobil Sport. Mobil pribadi hanya bisa sampai SDN Padamulya 1. Ada tempat parkir yang cukup luas. Dari sana juga kita sudah disuguhi pemadangan menakjubkan,

Kalau yang masih baru ada guide yang mengantar ke Curug Seda, sampai puncak memakai mobil colt bak lalu berganti naik sepeda motor,

Baca juga: Pamokolan Sentra Industri Makanan Olahan di Ciamis

Kita juga bisas berjalan kaki  yang memakai waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncak Ciseda, tapi rasa capek dan pegalnya kaki bakal terobati dengan indahnya panorama alam dan hawa sejuk. Kicauan burung dan suara air sungai akan menambah asrinya suasana. Apalagi kalau kita mendaki Ciseda pada pukul 07-09.00 pagi hari. Menjelang siang pun udara masih sejuk. Suassana sejuk akan menggantikan rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang.

Sepanjang mata memadang kita bakal disuguhi pemandangan indah Kota Jamanis dan Rajapolah dari puncak Gunung Syawal. Dari blok Pangangonan kita juga bisa melihat indahnya awan dan pepohonan nan hijau. Kawasan Pengangonan ini kerap dijadikan arena camping.

Ohya yang suka mandi di sungai juga bisa menikmati dinginnya air Ciharus. Namanya memang unik Cihaurs dalam bahasa Sunda artinya Cai bunyi. Dipenuhi bebatuan, pokoknya cocok untuk selfi. Instragramebel pisan pokoknya. Sudah banyak yang berkunjung ke Sungai ini tepatnya di Dusun Ciawitali dan Dusun Sedakaler, Desa Padamulya.

CURUG SEDA DAN PELANGI YANG MEMPESONA

Yang membedakan curug Seda dengan curug lainnya yakni di atas Curug dihiasi pelangi yang tak kunjung hilang. Pelangi tersebut bisa dilihat dari padangan mata sekitar 5 kilometer. Curug Seda memang daya tarik wisata baru di Ciamis. Namun Pemkab Setempat belum maksimal mengembangkannya.

foto: Pokdarwis Kec Cihaurbeuti

Lina Karlina salah seorang pengunjung mengungkapkan, potensi wisata alam di Desa Padamulya  kecamatan Cihaurbeuti, kabupaten Ciamis layak jual pisan. Sudah saatnya Pemkab Ciamis serius menggarapnya. Apalagi di Kecamatan Cihaurbeuti ini ada beberapa potensis wisasta alam yang indah.

“Semoga kedepannya Curug Seda bisa diangkat menjadi potensi wisata bagi desa Pasir Tamiang dan bisa terekspos keluar sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun pendapatan masyarakat sekitar,” kata Lina.

Kepala Desa Padamulya, E Hoerudin pun berharap curug ini bisa dikembangkan, sebab akan menjadi objek wisata baru di Ciamis. Keindahan alamnya tak kalah dengan objek wisata alam lainnya di Jawa Barat.

“Kami berharap kedepannya semua kalangan dapat berwisata di Ciamis dan juga wisata Curug Seda, sebab banyak keunikan, bahkan ada satu buah curug pelangi,” ucapnya. (ind)

.

 

Exit mobile version