Pangersa Abah Aos Bentuk Lembaga Bantuan Hukum Untuk Ikwan

  • Whatsapp

CIAMIS, JURNALPriangan.com: Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Sirnarasa akhirnya resmi dibentuk. LKBH ini bakal membantu para ikhwan TQN PP Suryalaya saat berhadapan dengan masalah hukum. Peluncuran LKBH ini bertepatan dengan

Maulid Syekh Mursyid TQN PP Suryalaya ke 79 di dusun Ciceuri, desa Ciomas, Panjalu, Kabupaten Ciamis pada Sabtu 28 Agustus 2021.
Syekh Mursyid pangersa Abah Aos menyerahkan akta pendirian LKBH Sirnarasa Indonesia dan pengesahan Kemenkumham kepada  ketua LKBH,  M.Z. Al-Faqih SH.

Menurut Al-Faqih  LKBH Sirnarasa Indonesia dibentuk untuk memenuhi kebutuhan hukum para ikhwan dan akhwat Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa. Kenapa itu penting? Sebab semua aspek kehidupan tidak terlepas dari hukum.

Pergaulan masyarakat, interaksi sosial media, keluarga, teknologi, ekonomi, dan lainnya terikat dan terkait dengan hukum.

Maka, dengan demikian ikhwan dan akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa perlu mendapatkan pendampingan hukum.

Al-Faqih juga menyampaikan, keberadaan LKBH Sirnarasa Indonesia ini juga bagian dari pengamalan ajaran TQN Suryalaya Sirnarasa.

Sebagaimana termuat dalam tanbih, lanjutnya, bahwa Ikhwan dan Akhwat TQN Suryalaya Sirnarasa berkewajiban taat pada aturan agama dan aturan negara.

Menurut dia, setelah peluncuran Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum ini, program awal yang akan dilakukan adalah menyelenggarakan pendidikan paralegal.

“Saat ini semua aspek kehidupan tak terlepas dari hukum. Pergaulan masyarakat, interaksi sosial media, keluarga, teknologi, ekonomi, dan lain-lain terikat dan terkait dengan hukum, dengan demikian ikhwan dan akhwat TQN PP Suryalaya Sirnarasa perlu mendapatkan pendampingan hukum,” ucapnya

M.Z menuturkan,LKBH ini juga bagian dari pengamalan Tanbih salah satu ajaran TQN PP Suryalaya Sirnarasa. Dalam tanbih ditekankan para ikhwan aturan agama dan negara.(*)