Abah Jagat Diangkat Jadi Penasehat Keraton Kesultanan Kacirebonan

  • Whatsapp

CIREBON- Raja Pangeran Abdul Ghani Nata Diningrat Dekarangga menyematkan PIN Kasultanan kepada Pembantu Khusus ABAH AOS, Abah Jagat Al Kholis. Selain itu Sultan juga mengangkat Abah Jagat sebagai penasehat Keraton Kesultanan Cirebon. Penyematan PIN tersebut dilaksanakan saat manaqiban yang kelima kalinya di Kesultanan Cirebon, Ahad (24/10/2021).

Sultan Abdul Ghani mengatakan, akanĀ  istiqomah mengadakan manaqiban di keraton agar aura ikan telu muncul dari keraton ini. Bendera Keraton Kesultanan Cirebon diharapkan bercahaya bercahaya jika disirami oleh dzikir dan manaqiban. Sultan mengaku senang dengan kegiatan manaqiban tersebut.

Read More

“Masuknya manaqiban di Keraton Cirebon sungguh luar biasa, di luar nalar, kenapa ada talqin di keraton ini. Insya Allah keraton akan bercahaya, menjadi taman surga karena ada manaqiban. Keraton akan berkah. dan kepada anak cucu keturunannya akan selalu memegang panjang jimat. Intinya panjang jimat yaitu Laillaha Ilalaoh.

Sementara itu dalam khidmah ilmiahnya Abah Jagat sangat bersyukur bahwa para pecinta kesucian jiwa diberi tempat untuk bersimpuh menggelar dzikir dan manaqiban di keraton ini.

Sebab menurut Sesepuh Ponpes Jagat Arsy ini, TQN PP Suryalaya dan Keraton Cirebon mempunyai kesamaan. Sama-sama lambang ikan telu. Makna lambang ikan telu itu tak akan habis dibahas.

SEMATKAN PIN
Sultan Kesultanan Kacirebonan menyematkan PIN kepada Abah Jagat foto IG jagat21

“Yang sudah dijelaskan oleh Abah Aos bahwa tiga ikan ini merepresentasikan dzikir yang telah dan selalu kita amalkan. Makna tiga ikan ini disumpulkan sebagai insan kamil Yang pertama dzikirnya keadaman yaitu Laillaha illaloh, Dzikir Kamuhamadan Alloh dan dzikir Ka Allohan yaitu Hu. Kita perpaduan dzikir dzahar dan dzikir hopi ini menghasilkan dzikir sir
menghadirkan rasa ke Allohan di dirikita

Kalau kita istiqomah mengamankan dan mengamalkan ajaran dzikir ini, maka kita akan meraih mahkota para Arifin. Tajul Arifin itu adalah mahkota para arifin. Ini adalah salah satu nama yang disematkan kepada tuan syeihk Abdul Qodir. Dan kita tahu bahwa gelar Tajul Arifin itu disematkan kepada seikh SOhibul Wafa Tajul Arifin, gelar itu atau mahkota kearifan itu

Abah Jagat juga mengatakan, manaqiban di Kesultanan Cirebon itu merupakan pembuka supaya kesultanan Cirebon nanjeur. akarnyya menancap ke 7 lapisan bumi dan cabangnya menjulang ke tujuh lapis langit. Jadi amalah TQN PP Suryalaya ini akan memperkuat akar keimanan.

 

 

 

Related posts