BERITA TERKINI

Raja Galuh Ciamis Senang di Keraton Selagangga Digelar Manaqiban

CIAMIS-Ratusan Ikhwan Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah PP Suryalaya Sirnarasa menggelar manaqiban di Keraton Selagangga Kerajaan Galuh Ciamis Minggu (17/10). Manaqiban ini dalam rangka 9 kemenangan dan Haul Kanjeng Prabu Aria Kusumadiningrat ke 165. Hadir pemangku manaqib Raja Galuh Rd Hanif Radinal Muctar, Patih Lokasana Jang Harja, Ketua Lembaga Adat Pangandaran Erik Krisnayudha.

 

Dari Sirnarasa hadir Ketua STID Dr Suhudul Anwar, Ketua Madrasah KH Yusup Abdusomad  dai Pandawa Lima KH Daniel Lutfi Al Mahzumie dan KH Maman,   Rois Am TQN PP Suryalaya Ciamis H Anjar Asmara serta Ketua TQN Ciamis tengah Ustad Dian.

Acara kerja bareng STID Sirnarasa dan Kerajaan Galuh ini mendapat tanggapan positif dari sejumlah pihak. Bahkan KH Didin Sholehudin S.sos dalam khidmah ilmiahnya mengungkapkan, Thoriqoh dan Galuh mempunyai kesamaan. Arti  kata ”galuh” juga dipahami identik dengan “galih” (qolbu), sehingga ada ungkapan dalam bahasa Sunda, ”Galuh galeuhna galih” (“Galuh intinya hati” atau “inti hati adalah galuh”). Ungkapan itu menunjukkan bahwa kata ”galuh” memiliki makna filosofis yang dalam.

“Dalam thoriqoh juga kita belajar menata hati, jadi kagaluhan dan TQN mempunyai kesamaan. Kalau dalam filsafat  Galuh   menempatkan hati memegang peranan penting bagi manusia. Juga dalam thoriqoh, sebab baik dan buruknya seseorang ditentukan oleh hati sebagaimana Hadis Nabi:

“Ingatlah bahwa di dalam tubuh itu ada segumpal darah, bila ia telah baik maka baiklah sekalian badan.Dan bila ia rusak, maka rusaklah sekalian badan. Dan bila ia rusak maka binasalah sekalian badan, itulah yang dikatakan hati”.

Pengasuh Pondok Pesantren Nusarasa Kawali, Ciamis ini juga mengupas tentang sosok Raden Aria Kusumadiningrat yang merupakan priyayi sekaligus kiyai. Bahkan dalam beberapa literatur Sang Perbu Raden Aria adalah pengamal thoriqoh. Oleh karena itu sangat cocok sekali haul sang Perbu diisi dengan acara manaqiban.

Kesamaan lain thoriqoh dan Galuh yakni pandangan hidup dalam hubungannya dengan sesama. Oorang-orang Sunda atau Galuh mengenal kata-kata ini, silih asah, silih asuh, dan silih asih.  Artinya landasan hidup agar ercipta suasana damai, ketentraman, dan kekeluargaan antara sesama.

Silih asah artinya saling mengasah atau mengajari. Silih asih artinya saling mengasuh atau membimbing. Sedangkan Silih asih artinya saling mengasihi atau menyayangi.

KH Dadang Mulyawan menambahkan, pandangan hidup silih asih dalam TQN PP Suryalaya tercantum dalam Tanbih.  tanbih mengajak kita untuk membangun, memperbaiki dan menjaga keharmonisan dalam hubungannya dengan Sang Khalik dan makhluk-Nya. Mulai dari keharmonisan dengan diri sendiri, sesama manusia, sesama pemeluk agama, hingga lingkungan dan alam.

Sementara itu Raden Hanip Radinal Muchtar mengaku bangga dan terharu dengan acara manaqiban ini. Dia mempersilakan ikhwan TQN Suryalaya untuk menggelar manaqiban secara berkala. “Sesungguhnya keraton ini bukan milik seseorang, tapi milik semua masyarakat, saya senang ada kegiatan manaqiban di sini, silakan kalau mau dilanjutkan tinggal koordinasi saja,” katanya. (*)

Refaz

Recent Posts

Karomah Abah Anom Terjadi Pada masa Kemursyidan Abah Aos: Kista Berubah Jadi Bayi.

CERITA tentang karomah Abah Anom banyak dibicarakan di kalangan ikhwan, Pada masa itu ada yang…

15 hours ago

Aleg PKS Toriq Hidayat Berharap Ormas Salimah Jadi pelopor Dalam Menjaga NKRI

  TASIKMALAYA-Anggota DPR RI Toriq Hidayat mengatakan  Organisasi Masyarakat Persaudaraan Muslimah (Salimah) sebagai pionir pemberdayaan…

2 days ago

Manaqiban Menurut Para Ulama Thoriqoh dan Keajaibannya

JURNALPriangan.com: Manaqiban adalah kata yang berasal dari bahasa Arab manaqib artinya kisah atau biografi. Diindonesiakan…

5 days ago

Ini Dia 5 Keajaiban Sholawat Bani Hasyim Kata Abah Aos

JURNAL.Priangan.com:  Sholawat Bani Hasyim yang biasa dibaca oleh para ikhwan TQN PP Suryalaya ternyata mengandung…

6 days ago

Inilah Alasan Thabrani Menulis Buku Yusuf Mansur Penipuan Berdalih Sedekah

JURNALPRIANGAN.com: Penulis buku Yusuf Mansur Menabur Kesesatan Ustad Tabrani,Lc MA blak-blakan mengungkapkan alasan menerbitkan buku…

6 days ago

Uang Koin Puluhan Juta yang Tercecer di Jalan Raya Cisaga Sudah Diambil Pemiliknya

CIAMIS, JURNALPriangan.com  - Uang koin Rp70 juta yang tercecer di Jalan Raya Ciamis-Banjar sudah dikembalikan…

1 week ago