Gus Yahya Ketum PBNU Terpilih, Kakaknya Menteri Agama dan Dekat dengan Jokowi

Ketum PBNU
Gus Yahya dengan Jokowi tampak akrab

JAKARTA, JEPE.com: Ketum PBNU terpilih  KH Yahya Cholil Staquf ternyata adalah kakak kandung menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Mantan politisi PKB ini menang mutlak atas pesaingnya KH Said Aqil  Siradj dalam pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) periode 2021-2026 pada Muktamar ke-34 NU di Lampung.  Sudah diprediksi sebelumnya, Gus Yahya bakal menjadi pesaing berat Said Aqil. Dan ini dibuktikan di muktamar pada  Kamis (24/12) dinihari. Gus Yahya unggul.

Kampanye Gus Yahya yang  ingin membawa NU lebih modern  dan menajamkan sebagai organisasi Rahmatan Lil Alamin ternyata mendapat dukungan besar dari kalangan Nahdliyin. Dia memang tidak dilamar untuk maju dalam persaingan Ketum NU,

Bacaan Lainnya

“Saya memang mau nyalon ketua umum, melamar pekerjaan. Pekerjaannya apa? menjadikan NU sebagai model peradaban di masa depan. Bukan karena, jika saya jadi ketua umum NU bisa nyalon presiden, nyalon wakil presiden. Itu saya tidak mau,” kata Gus Yahya dalam acara Ngopi Bareng Gus Yahya, Selasa (21/12/2021).  Nah sekarang seperti apa sosoknya. Ini dia profil singkatnya.

Lahir di Rembang, Jawa Tengah pada  16 Februari 1966 Gus Yahya adalah putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, pengasuh Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin di Leteh, Rembang, Jawa Tengah.  Ayahnya adalah  pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kakeknya juga seorang tokoh besar NU, KH Bisri Mustofa, penyusun Kitab Tafsir Al Ibris. Gus Yahya yang lahir dan besar di kalangan pesantren, sudah digembleng ilmu agama sejak dini.

Pos terkait