Pengakuan Pemuda Yang Tobat Karena Wajah Abah Anom Selalu Hadir saat Akan Berzina

Gagal Maksiat Karena Abah Anom  Selalu Muncul Saat Akan Bercumbu

Pemuda itu selalu gagal bermaksiat karena kemunculan wajah Wali Allah. Dan pesannya boleh melakukan maksiat asal jangan di depan Abah. Akhirnya seiring waktu pemuda itu tobat, betrhenti total. Meskipun dorongan syetan itu datang saat dia lengah. Tapi dengan memperbanyak dzikir zahar dan khofi bisikan syetan dan hawa nafsunya leleh. Kini pemuda itu istiqomah mengamalkan Thoriqoh Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah.

Menurut Pangersa Abah Aos,bayangan wajah Abah Anom yang datang saat mau melaksanakan masiat adalah burhana robbihi (cahaya / tanda dari Allah) yang membawa berkah terhadap pemuda tersebut Kisah serupa terjadi pada masa Nabi Yusuf as. yang ditolong Allah ketika akan melakukan maksiat dengan Siti Zulaikha. Dalam al-Qur’an Surat Yusuf ayat 24:

Bacaan Lainnya

“Sesungguhnya wanita itu telah bemaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf-pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu (Zulaikha) andaikata tidak melihat burhana robbihi yaitu tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.” (QS: Yusuf 24)

Dalam ayat ini ada  perkataan Allah “Burhana Rabbihi”. Menurut perkataan Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir, juz II / 474 :

“Adapun maksud “Burhaana Rabbihi” yang terlihat oleh Yusuf, maka terdapat beberapa pendapat.

Menurut sahabat Abdullah bin Abbas, Said, Mujahid, Sa’id bin Jubair, Muhamad bin Sirin, Hasan, Qatadah, Ibnu Sholeh, Dlohah, Muhammad bin Ishaq dan lain-lain yakni Yusuf melihat bayangan ayahnya (Ya’kub) saat digoda Zulaikha.  Menurut sebagian riwayat memukul dada Yusuf. Al-‘Aufi berpendapat dari Ibnu Abbas, maksud perkataan itu ialah Yusuf teringat kepada bayangan wajah suami Zulaikha yaitu raja Qithfir yang seolah-olah ada d irumah dan mengetahui apa yang akan dilakukan  Yusuf. (ren)

Pos terkait