Abah Aos dan Uwa Zezen: Rajawali dan Pedang Terhunus yang Jadi Benteng Suryalaya

KH Zezen Zainal Abidin Bazul Asyhab
KH Zezen Zainal Abidin Bazul Asyhab dan Abah Aos/grafis

JURNALPRIANGAN.COM-Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul (Abah Aos) dan KH Zezen Zainal Abidin Bazul Asyhab adalah dai kondang pada masa Abah Anom. Dua bintang Suryalaya ini kerap satu panggung menyampaikan khidmat ilmiah. Pangersa Abah Anom kerap memberi tugas kepada mereka berdua untuk berdakwah tentang TQN PP Suryalaya.  Dua-duanya adalah sosok pemberani.

Abah Anom memberi gelar Rajawali yang Terbang kepada Uwa Zezen dan Saeful Maslul (pedang terhunus) kepada Abah Aos.

Mereka adalah sahabat yang saling menghormati. Uwa Zezen selalu memanggil pun raka kepada pangersa Abah Aos, sebaliknya pangersa Abah Aos banyak memuji Uwa Zezen karena kepiawaiannya berdakwah. Mereka berdualah yang berjuang memasukan manaqib ke masjid-masjid negara.

Bacaan Lainnya

Melansir Chanel Youtube Ujangbara yang diuungah pada 21 Mei 2012 saat Khidmah Ilmiah kajian Kitab Miftahusudur di Masjid Nurul Ulum Ponpes Suryalaya. Ajengan Gaos panggilan popluer Syekh Muhammad Abdul Gaos saat itu, menceritakan bagaimana kedekatannya dengan pangersa Uwa Zezen. Abah Aos juga menceritakan kepada ikhwan kenapa sampai ajengan Zezen dibeii gelar oleh Abah Anom Bazul Ashab

Baca juga:   Ustad Abdul Somad Sebut Silsilah 38 Ajengan Zezen, Kiyai Jonsen Ini Bukti UAS Ikut Campur Tangan

Pos terkait