Almarhum KH Ucu Samsudin Dimata Pangersa Abah Aos, Paling Dulu Dihajikan Abah Anom

 

JURNALPRIANGAN-Sosok KH Ucu Syamsudin di mata Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul adalah pribadi yang tawadlu dan sangat fasih dalam membaca Al-quran.

Almarhum adalah orang paling dekat dengan Abah Anom. Bahkan yang pertama dihajikan oleh Abah Anom adalah KH Ucu Syamsudin.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan shohbah 2 April 2022 bakda subuh, pangersa Abah Aos mengatakan, Orang yang sudah ditalqin dzikir itu meski raganya belum ke Mekkah Arab Saudi tapi sudah jadi haji. Dihajikan oleh Alloh.

Contonya KH Ucu Syamsudin adik Abah Aos yang dihajikan oleh Abah Anom.

“Itu Ucu adik Abah dilihat oleh Abah Anom di Mekkah, ketika pangersa Abah Anom naik haji bersama keluarga, itu si ucu si ucu,” kata Pangersa Abah Aos menirukan cerita Abah Anom.

Raga almarhum KH Ucu Syamsudin masih di Ciceuri atau di tanah air tapi keluarga Abah Anom melihat ada sosok Haji Ucu sedang thawaf.

Menurut pangersa Abah Aos adiknya KH Ucu adalah orang yang rajin mengamalkan TQN Suryalaya. “Begitu ditalqin almarhum sudah mengamalkan TQN dzikir dan langsung mondok, di Suryalaya.

Langsung mengamalkan dzikir, Beda dengan Abah Aos s begitu ditalqin masih saja setelah sholat baca adzikir umum, karena merasa sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia Panjalu,” katanya.

Bukan itu saja, KH Ucu juga adalah orang yang kerap diutus menemui keluarga Abah Anom pada masa awal-awal kemursyidan Abah Aos.

Saking sayangya kepada adik tercinta Syek hMursyidyid saksikan sendiri penggalian lubang kubur. Jenazah KH Ucu sudah dimakamkan di Komplek Pemakaman Keluarga di Ciceuri Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. (*)

Pos terkait