KInder Joy Jajanan Anak-anak Yang Bikin Emak-Emak Jengkel Akhirnya Dilarang BPOM

JURNALPRIANGAN.COM– Jajanan anak-anak ini memang cukup membuat jengkel para ibu. Sebab jajanan yang dipajang di minimarket seperti Alfamrt dan Indomart ini harganya mahal dan mubadir.

Dan kini emak-emak bersyukur karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetop sementara peredaran Kinder Joy yang terdaftar di Indonesia menyusul temuan kasus Salmonella dikaitkan dengan sejumlah produk telur cokelat Kinder, ada puluhan anak mengalami gejala diare hingga kram perut usai mengonsumsi cokelat Kinder.

Meski dipastikan produk cokelat Kinder di Indonesia berbeda dengan negara yang melaporkan kasus Salmonella, BPOM tetap menghentikan peredaran dengan alasan kehati-hatian. Kepala BPOM Penny K Lukito menegaskan produk Kinder Joy tersebut bakal ditarik sementara dari pasaran.

Bacaan Lainnya

“Kinder Joy akan ditarik oleh pemilik izin edar, tentunya masyarakat jangan membeli dan makan dulu,” terang Penny, Selasa (12/4/2022).

Pihak BPOM menurut Penny sedang melakukan pengecekan sampling acak Kinder Joy untuk melihat risiko Salmonella seperti yang dilaporkan Inggris hingga Swedia. Sampai batas waktu yang belum ditentukan, anak-anak dilarang mengonsumsi Kinder Joy hingga ada bukti aman.

Adapun negara yang melaporkan kasus Salmonella terkait cokelat Kinder yakni Inggris, Prancis, Irlandia, Belgia, Jerman, Luksemburg, Belanda, Swedia, hingga Norwegia. Singapura juga belakangan ikut menarik produk cokelat Kinder mereka dengan alasan kehati-hatian.

“BPOM sedang melakukan pengujian untuk produk yang beredar di Indonesia, karena ini makanan snack anak-anak kami kedepankan kehati-hatian,” terangnya.

 

(naf/naf)

Pos terkait