Ini Dia Kiprah Didi Sukardi Politisi PKS dari Tatar Galuh

0
23 views

Didi Sukardi SE boleh dibilang politisi senior dari Tatar Galuh Ciamis. Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memang sudah malang melintang di dunia perpolitikan Ciamis. Dua kali menjabat sebagai anggota DPRD Ciamis, pernah mencalonkan diri sebagai bupati Ciamis, Ketua AMS Distrik Ciamis, Ketua GEMA KEADILAN JABAR dan saat ini Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat.

Untuk mencapai posisi poltik itu tak semudah membalik telapak tangan, perlu perjuangan dan doa. Kang Didi begitu sapaan akrabnya, memulainya dari nol. Karier politiknya di PKS Ciamis mulai dari kader biasa.

Ketika duduk jadi anggota DPRD CIamis pun Didi tak jumawa, tetap sederhana dengan sedan bututnya, meskipun saat itu dia mampu kredit mobil sekelas Inova. Di kalangan wartawan Ciamis Didi memang sosok pribadi yang royal memberikan informasi. Sebab tak semua anggota DPRD mau berdiskusi dan bertukar informasi dengan wartawan.

Karier politiknya di DPRD Ciamis berlangusng mulus bahkan meraih posisi puncak sebagai wakil Ketua DPRD Ciamis.

Dan pada pileg 2014 PKS memberikan amanah menjadi Calon Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Didi dinyatakan layak untuk dicalonkan menjadi anggota DPRD Jabar. Tentunya persaingannya lebih sengit dengan medan konstituen berbeda ketika menjadi calon anggota DPRD Ciamis. Tapi dengan kerja keras Didi mulai bergerilya.

Kang Didi mulai keliling Kabupaten Ciamis, masuk desa satu keluar desa satu lagi, blusukan dari kampung ke kampung, dan berceramah dari mesjid ke mesjid, menggalang massa dari pertemuan ke pertemuan. Sehingga dalam satu hari, bisa jadi mencapao 4 sampai 5 kali pertemuan. Itulah kerja keras Didi Sukardi membangun popularitas dan menjalin emosional dengan konstituen. Alhasil Didi Sukardi terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Barat periode 2014-2019.

“Kunci keberhasilan saya saat itu dan juga sekarang dilaksanakan adalah membangun basis di kabupaten sendiri (Ciamis). Saya bersosialisasi mulai dari Ciamis Utara yakni Kecamatan Sukamantri sampai Banjaranyar. Saya juga melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan caleg dan struktur partai di Kabupaten Kuningan dan Kota Banjar. Di Kuningan, dari total 26 kecamatan, saya sudah masuk di 14 kecamatan,” katanya.

Pada pileg 2019 Didi Sukardi kembali dipercaya oleh PKS untuk bertarung di Dapil Jabar 13 (Kabupaten Kuningan, Ciamis Banjar dan Pangandaran) dengan nomor urut 1. Kali ini langkah Didi untuk menggalang massa sedikit ringan, sebab popularitas dan elektebelitasnya sudah terbangun. Bukan itu saja kontribusi Didi Sukardi untuk daerah pemilihannya sudah dirasakan oleh masyarakat. (revs)

BIODATA

NAMA:  DIDI SUKARDI SE

Tempat & Tanggal Lahir
Ciamis 8 Mei 1972 (46 tahun)

Alamat
Jl. Rancapetir No. 45 Ling Rancapetir RT.03/RW.28, Kec/Kab. Ciamis.

Jabatan
Anggota Periode
2014-2019

Fraksi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera
DAPIL 13 : Ciamis, Kuningan, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran

Pendidikan
Sarjana Fakultas Ekonomi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.